STAN

STAN
Kelulusan peserta USM STAN adalah prestasi peserta USM sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan

Entri Populer

Sabtu, 05 Februari 2011

Yang Sering Ditanyakan

Kak, STAN itu masih gratis gag sih, masih ikatan dinas gag?

Alhamdulillah, STAN itu masih gratis, sampai skarang lulusan STAN masih ditempatkan dan diangkat menjadi PNS di Instansi Kemenkeu dan jga instansi terkait lainnya. Hanya saja penggunaan ikatan dinas di STAN kurang tepat karena istilah yg digunakan di STAN adalah ikatan kerja. Ikatan dinas dan ikatan kerja memiliki kesamaan yaitu sama2 diangkat menjadi PNS di instansi terkait, hanya saja dalam Perguruan Tinggi Kedinasan yg menggunakan ikatan kerja tidak terdapat fasilitas asrama dan selama menjadi mahasiswa statusnya bukan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Tahun 2011, STAN masih buka pendaftaran gag?

Tentu saja masih.

Stan itu diasrama gag mahasiswanya?

Ngga, anak2 STAN itu nge kost. Banyak kost di lingkungan STAN, harga mulai 2 jt biasanya.

Nilai mati itu apa sih kak?

Nilai mati terjadi jika total soal TPA kamu yang benar kurang dari 40 soal atau bahasa inggris kamu yang benar kurang dari 20 soal. Kalau kamu mendapatkan nilai mati, otomatis kamu langsung gagal, tidak bisa bersaing dengan yang lain.

walau kamu lolos dari nilai mati, belum tentu kamu lulus USM STAN. karena masih banyak juga yang lulus dari nilai mati pastinya. Jadi kamu harus bersaing lagi dengan peserta lain yang juga lulus dari nilai mati.

Cara penghitungan nilai di USM STAN itu gmana kak?

Jika Benar, dikalikan empat.

jika salah, dikalikan minus satu (-1)

Jika kosong, dikalikan nol,

Jadi kalau kamu ragu dengan jawabanmu, mending gag usah jawab deh, daripada salah terus dapet minus satu ^^

Tiap tahunnya, STAN menerima berapa orang?

Kalau yang ini tidak bisa dipastikan. Karena jumlah mahasiswa STAN yang diterima tergantung quota kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan. Klo taun 2010 kemaren ada 3000an orang

Apakah jumlah penerimaan mahasiswa baru di STAN berdasarkan kuota per-daerah? 

Sistem penerimaan mahasiswa baru STAN adalah menggunakan sistem ranking Nasional, artinya tidak ada kuota penerimaan mahasiswa baru berdasarkan daerahnya. STAN tidak menganut sistem kuota per-daerah seperti Perguruan Tinggi Kedinasan lain, karena nantinya lulusan STAN akan ditempatkan secara acak dan tidak mempertimbangkan daerah asalnya

Apakah dalam penerimaan mahasiswa baru stan ada system PMDK? berapa syarat nilai minimalnya?

Tidak ada, penerimaan mahasiswa baru semuanya melalui ujian saringan masuk yang diselenggarakan secara serempak di seluruh Indonesia.

Saya memiliki nilai rata-rata 8,2 tetapi ada nilai mata pelajaran yang dibawah 7, bolehkah saya mendaftar STAN?

Ya, Anda diperkenankan untuk mendaftar, karena syarat yang ditentukan adalah nilai rata-rata ujian tertulis minimal 7,0.

Nilai rata-rata tidak kurang dari 7,0 dari UAN atau UAS

Nilai ujian tertulis berarti bukan ujian praktek, yaitu nilai UAN+UAS dibagi jumlah mata pelajaran yang bersangkutan.

Apakah nomor rekening untuk pembayaran biaya pendaftaran sama dengan yang ada dibuku kumpulan soal?

Nomor rekening berbeda untuk setiap tahun, sebelum melakukan pembayaran, pastikan telah memiliki pengumuman terbaru.

Bolehkan pembayaran dilakukan dengan rekening ayah saya?

Pembayaran harus disetorkan melalui setoran tunai atas nama calon peserta, tidak dilakukan melalui transfer via atm atau sejenisnya.

Saya tinggal di Malang, apakah dengan mendaftar di Jayapura peluang diterima menjadi lebih besar?

Kelulusan/diterima atau tidaknya calon mahasiswa antara lain ditentukan hasil ujian saringan masuk yang dirangking secara nasional, setelah syarat-syarat lain terpenuhi, sehingga mendaftar di tempat pendaftaran mana saja memiliki peluang yang sama.

Biasanya pendaftaran di STAN itu gimana ya caranya??? apa langsung ke STAN nya atau gimana?

Ya, pendaftaran dilakukan dengan datang langsung ke tempat-tempat pendaftaran terdekat di kota Anda yang telah ditentukan.

Apakah anak SMK boleh mendaftar?
Yang boleh mendaftar adalah lulusan SMU/SLTA dan sederajat, Madrasah Aliyah dan SMK semua Jurusan.

Apakah Kuliah di STAN benar-benar gratis?

Ya benar, sampai saat ini pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tidak dipungut biaya, tidak disediakan asrama dan setelah lulus di tempatkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Berapa biaya pendaftaran STAN?

USM 2010 kemaren Rp150.000. Kemungkinan USM 2011 juga akan Rp150.000.

Apakah agar bisa diterima di STAN bisa menggunakan jalur khusus (koneksi) dan dengan uang sumbangan?

Yang diterima di STAN hanyalah yang memenuhi syarat-syarat dan murni sesuai hasil Ujian Saringan, tidak ada sistem koneksi dan uang sumbangan dan sejenisnya, bahkan anak seorang dosen STAN pun tidak bisa masuk jika tidak lulus ujian.

Sulit gak sich untuk menjadi mahasiswa STAN?

Sulit atau tidak itu bersifat subjektif, jika dilihat dari jumlah pendaftar dan jumlah yg diterima yaitu misal tahun 2007, 127.000 : 2.500 artinya 1:50 kita mesti mengalahkan 50 orang demi mendapatkan satu kursi di STAN. Pintar saja tdak cukup, bnyak kejadian dimana seorang lulusan dgan nilai ujian yg besar belum tentu diterima, sedangkan lulusan yg biasa saja bisa diterima. Kebanyakan yg diterima menjadi mahasiswa STAN adalah mereka yg tidak hnya pintar, tetapi mereka yg mengerti seluk beluk soal USM STAN. Perlu adanya persiapan khusus untuk menghadapi USM STAN, tidak hanya dari kemampuan akademis yg diperlukan,,tetapi kemampuan penalaran jga sangat menentukan.

Apa sich keuntungan kuliah di STAN?

1. Kuliah sudah pasti tidak bayar sepeserpun
2. Masa depan sudah pasti cemerlang
3. Tidak perlu pusing beli buku
4. Kampusnya megah dan keren.
5. Biaya hidup tdak terlalu mahal untuk ukuran kota besar.
6. STAN kampus intelek ANTI KEKERASAN.

Di STAN menerapkan sistem drop out (DO) ya? Saya dengar tiap semester jmlah mahasiswa yang di-DO bnyak sekali?

Sistem DO di STAN sangat ketat dan hal ini untuk menjaga kualitas lulusannya agar kompeten di lingkungan kerjanya nanti. Sebagai konsekuensi kuliah yg dibiayai oleh negara, mahasiswa STAN dituntut agar dapat menunjukkan prestasinya, bagi mereka yg tidak kompeten, mereka akan tersisihkan oleh sistem DO yg diterapkan di STAN. Kriteria DO di STAN adalah tentang IP, kehadiran dan mencontek. Untuk lulus, mahasiswa STAN harus memiliki IP semester ganjil minimal 2,4 dan IPK semester genap 2,75. Kriteria kehadiran mahasiswa pada kegiatan perkuliahan di STAN minimal 80%  (tidak boleh tidak hadir dalam satu mata kuliah maksimal sebanyak 2 kali) dari total pertemuan, jika di bawah kriteria tsb mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti ujian yg akan berakibat DO. Selain itu di STAN terdapat suatu tradisi dimana mencontek adalah suatu dosa besar yg tidak diperkenankan di STAN. Bila ada mahasiswa yg ketahuan mencontek saat ujian degan cara, gaya, alasan apapun, maka otomatis mahasiswa tsb di-DO pada saat itu jga karena di STAN sangat menjunjung tinggi integritas dan kejujuran.

1 komentar:


mahaka

MAHAKA STAN