STAN

STAN
Kelulusan peserta USM STAN adalah prestasi peserta USM sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan

Entri Populer

Sabtu, 05 Februari 2011

Apa Enaknya sich Kuliah di STAN???

Berbicara sebuah nama maka kita tidak akan pernah tertarik untuk mendengar atau mengetahui lebih lanjut tanpa kita mengetahui apa saja keunggulan subjek yang sedang kita bicarakan. Di sesi ini akan dijelaskan apa saja keuntungan kuliah di STAN.

a. Kuliah di STAN gratis dan dibiayai sepenuhnya oleh negara
Satu keuntungan utama berkuliah di STAN adalah kamu dapat kuliah gratis tanpa diungut biaya sedikitpun. Jika berkuliah di STAN, kamu hanya tinggal duduk manis mengikuti kegiatan perkuliahan tanpa harus memikirkan berapa besar biaya yang harus kalian keluarkan selama menempuh pendidikan di STAN. Selama berkuliah di STAN, kamu tidak akan dipungut biaya apapun dari lembaga mulai kamu menginjakkan kaki di STAN sampai lulus mendapatkan gelar. Ayo berhitung, jika kalian kuliah di universitas lain, berapa banyak uang yang harus dikeluarkan oleh orang tua kamu dari awal hingga kalian lulus diwisuda nanti?

b. Buku-buku kuliah disediakan secara gratis tanpa harus membeli
Tidak hanya pendidikan yang diberikan secara cuma-cuma di STAN. Buku-buku penunjang lainnya mulai dari buku pegangan wajib sampai buku tulis diberikan secara cuma-cuma. Arti cuma-cuma disini adalah kamu tidak perlu membeli buku-buku referensi kuliah yang harganya tidak lebih murah dari buku-buku yang kalian gunakan di bangku SMA, semuanya dipinjamkan.

c. Dapat uang saku selama pendidikan
Sudah kuliah gratis, buku dipinjamkan secara cuma-cuma kalian juga diberikan uang saku. Hanya saja jumlahnya saat ini tidak sebesar dahulu, dan hanya akan diberikan kepada mahasiswa yang sudah mencapai tingkat III.

d. Spesialisasi yang ada di STAN tidak dapat ditemui di kampus lain
Coba kalian cek satu-persatu, mungkin hanya spesialisasi akuntansi pemerintahan dan adminsitrasi perpajak saja yang bisa ditemui di kampus lain. Sebenarnya kedua spesialisasi tersebut juga memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan kampus lain. Untuk spesialisasi adminsitrasi pemerintahan, akuntansi yang diajarkan adalah akuntansi yang membahas sistem akuntansi pemerintah. Begitu juga dengan adminsitrasi perpajakan, di STAN mahasiswa diajarkan mata kuliah bidang perpajakan melalui perspektif Fiskus (pihak berwenang yang memungut pajak) bukan dari perspektif wajib pajak (pembayar pajak) Selain itu, spesialisasi yang lainnya hanya bisa kalian temukan di STAN. Artinya STAN menyediakan sebuah program pendidikan yang lain daripada yang lain. Ini artinya akan membuka besar kesempatan beasiswa kuliah ke luar negeri karena ilmu lanjutan yang akan kalian pelajari tidak tersedia dengan baik di Indonesia.

e. Fasilitas kuliah yang oke!
Kuliah gratis bukan berarti akan mengesampingkan kenyamanan dalam belajar. Semenjak era Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Kementerian Keuangan memberikan perhatian yang lebih terhadap kelayakan sarana dan prasarana pendidikan di STAN. Saat ini komplek kampus STAN telah mengalami renovasi besar-besaran untuk mendukung kegiatan belajar yang nyaman. Fasilitas seperti ruang kuliah yang bersih, nyaman, full AC, LCD projector dengan LCD screennya yang permanen hampir di setiap ruang kuliah merupakan fasilitas STANdar yang ada di STAN.
GEDUNG FUNGSI
Gedung A Gedung sekretariat STAN, urusan kemahasiswaan dan peminjaman LCD projector
Gedung B Ruang kantor dosen
Gedung C Gedung kuliah 24 ruang, biasa digunakan untuk ruang kuliah spesialisasi akuntansi pemerintahan
Gedung D Gedung kuliah 23 ruang, biasa digunakan untuk ruang kuliah spesialisasi akuntansi pemerintahan
Gedung E Gedung kuliah 24 ruang, biasa digunakan untuk ruang kuliah oleh mahasiswa spesialisasi administrasi perpajakan
Gedung F Gedung kuliah 24 ruang, biasa digunakan untuk ruang kuliah oleh mahasiswa spesialisasi kebendaharaan negara dan PPLN
Gedung G Gedung auditorium serba guna, biasa digunakan untuk pertemuan-pertemuan ataupun seminar yang diadakan oleh mahasiswa
Gedung H Gedung instalasi listrik
Gedung I Gedung baru 27 ruang, biasa digunakan untuk ruang kuliah oleh mahasiswa seluruh spesialisasi terutama DIII khusus dan DIV
Gedung J Gedung baru 26 ruang, biasa digunakan untuk ruang kuliah oleh mahasiswa seluruh spesialisasi terutama DIII khusus dan DIV
Gedung K Gedung baru 4 lantai ini rencananya akan digunakan untuk kegiatan diklat yang diadakan oleh BPPK
Gedung L Gedung kuliah 2 lantai, biasa digunakan untuk ruang kuliah oleh mahasiswa spesialisasi Pajak Bumi Bangunan/Penilai. Selain itu digunakan sebagai tempat peminjaman buku kuliah dan lantai atasnya digunakan untuk laboratorium komputer
Gedung M Gedung sekretariat baru dan tempat poliklinik STAN
Gedung P Gedung perpustakaan pinjam dan perpustakaan baca
Plasa Mahasiswa Tempat kegiatan mahasiswa dan kantin
Student Centre Gedung ini dalam tahap pembangunan. Nantinya gedung ini akan menampung seluruh kegiatan mahasiswa STAN dan organisasi kampus.
Asrama PSDM Asrama ini tidak ditujukan untuk mahasiswa, akan tetapi asrama ini ditujukan bagi pegawai yang sedang melakukan diklat di areal komplek STAN.

f. USM STAN ketat dan bersih dari permainan kotor

Tes USM STAN adalah salah satu tes yang terkenal dengan keketatan persaingan yang tinggi dan bersih dari permainan kotor. Artinya dalam USM STAN nanti yang benar-benar diuji adalah kemampuan otak kalian, tanpa mengandalkan kekuatan uang dan kekuasaan orang tua. Jika kalian memiliki segudang piagam penghargaan dan segudang prestasi sekaliber olimpiade sains tingkat manapun, maka penghargaan tersebut tidak dapat menjadi jaminan bagi mereka untuk dapat menjadi mahasiswa STAN. Jika ingin menjadi mahasiswa STAN jalannya hanya satu, yaitu lulus dalam USM STAN. Dalam USM STAN yang diukur adalah kemampuan kalian, bukan hanya prestasi kalian baik di bidang akademis maupun non-akademis. Siapapun orangnya, jika ingin kuliah di STAN harus lulus USM STAN, tidak memandang siapapun dia.

g. Lulus langsung ditempatkan kerja melalui ikatan dinas dan diangkat sebagai PNS di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi terkait lainnya tentu saja dengan penghasilan yang cukup besar dibanding PNS lainnya.

Keuntungan terbesar lainnya jika kalian kuliah di STAN adalah kalian tidak perlu bingung memikirkan akan bekerja dimana dan berapa penghasilan yang akan didapatkan setelah diwisuda nanti. Semua lulusan STAN statusnya adalah setara dengan lulusan CPNS Kementerian Keuangan. Tidak ada cerita lulusan STAN yang menganggur. Setelah melewati masa-masa pendidikan yang lama, sistem kuliah yang ketat dan passing grade yang tinggi, maka pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang menggiurkan adalah suatu penghargaan setimpal dengan apa yang telah diperjuangkan di bangku kuliah. Nantinya lulusan STAN akan dialokasikan ke lingkungan Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta tidak menutup kemungkinan akan disalurkan ke instansi lain yang terkait sesuai dengan peraturan yang berlaku.

4 komentar:

  1. Ada asrama mahasiswanya gak?

    BalasHapus
  2. Kalau bisa sih label "ENAKnya" itu jangan sekadar enak karena diri kita dikasih enak (konsumtif) tapi bercita-citalah lebih dari itu.. Kita berfikir juga gimana agar kita bisa enak, dan juga mengenakkan orang lain! (produktif)

    BalasHapus
  3. Yang bisa dinikmati mahasiswa sebenarnya adalah hutang kepada negara, karena dapat fasilitas dari APBN. Jadi anda semua wajib memberikan yang lebih baik kepada negara dan bangsa dengan belajar yang giat dan rajin serta menjadi PNS yang bersih, jujur dan amanah.

    BalasHapus
  4. menurut kakak sendiri, kekurangan kuliah di STAN itu apa aja?

    BalasHapus


mahaka

MAHAKA STAN