STAN

STAN
Kelulusan peserta USM STAN adalah prestasi peserta USM sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan

Entri Populer

Jumat, 04 Februari 2011

Sekilas STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 12/PMK/1987 tanggal 18 Februari 1987, Surat Tugas Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor: ST-098/BP/1997 tanggal 31 Oktober 1997, dan Surat Edaran Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan Nomor: SE-048/BP/1998 tanggal 29 Oktober 1998. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara bertujuan untuk mendidik mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang akuntansi dan keuangan sektor publik dan mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pegawai negeri yang berdisiplin kuat, berakhlak tinggi, dan penuh dedikasi.
Lulusan STAN dipersiapkan untuk dapat mengelola keuangan negara di berbagai instansi, antara lain Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, dan instansi lain di lingkungan Kementerian Keuangan.
STAN merupakan sekolah kedinasan yang menyelenggarakan program pendidikan tingkat diploma (D-I, D-III, dan D-IV). Mahasiswa STAN dibebaskan dari biaya pendidikan, mendapatkan pinjaman buku literatur, serta ditempatkan bekerja sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, BPK, dan BPKP. STAN menerapkan sistem drop out bila mahasiswanya tidak mencapai indeks prestasi tertentu.


Lokasi kampus

STAN berlokasi di Jalan Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Jakarta Selatan (sebelumnya menggunakan alamat Jalan Ceger Raya, Kel. Jurangmangu Timur, Kec. Pondok Aren, Tangerang, Banten 15222). Kampus ini digunakan sebagai tempat kuliah mahasiswa D-III dan D-IV dari semua spesialisasi kecuali spesialisasi Bea Cukai (berlokasi di Pusdiklat BC Rawamangun), serta sebagian mahasiswa D-I Perpajakan.
kampus STAN


Program studi

Pendidikan Program diploma Bidang Keuangan terdiri dari:
  • Program diploma 1 keuangan (D-I) Spesialisasi:
  1. Kepabeanan dan Cukai
  • Program diploma 3 keuangan (D-III) Spesialisasi:
  1. Kebendaharaan Negara/Anggaran
  2. Administrasi Pajak
  3. Kepabeanan dan Cukai
  4. Penilai/Pajak Bumi dan Bangunan
  5. Akuntansi Pemerintah
  6. Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN)
  • Program diploma IV keuangan [(D-IV)khusus] Spesialisasi Akuntansi
Selain program-program diatas diadakan pula:
  1. Program Pendidikan Asisten/Pembantu Akuntan
  2. Program Diploma III keuangan Kurikulum Khusus
  3. Program Diploma III Khusus

Sejarah Singkat

  • Tanggal Berdiri: 1964
  • Pendiri: Departemen Keuangan RI.
Sebelumnya, 1952, Departemen Keuangan mendirikan pendidikan Ajun Akuntan Negara dan Ajun Akuntan Pajak. Lalu mendirikan Akademi Pajak dan Pabean (1956), Sekolah Tinggi Ilmu Keuangan Negara (1959), Akademi Treasuri Negara (1960). Pada 1965, Akademi Perbendaharaan Negara, lalu Ajun Akuntan Pajak diubah menjadi Akademi Ajun Akuntan Pajak. Pada 1967, didirikan Institut Ilmu Keuangan (IIK) yang mengintegrasikan program-program pendidikan tinggi di lingkungan Dep-Keu dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Dari status kelembagaan, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) berada di bawah pembinaan Eselon I Dep-Keu: Badan Pendididikan dan Pelatihan Keuangan – Keppres 12/1976. Kampus STAN diresmikan pada 4 Agustus 1986.


Gelar bagi lulusan pendidikan progam diploma bidang keuangan

Lulusan pendidikan program diploma bidang keuangan dapat diusulkan untuk diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil pada departemen keuangan atau istansi pemerintah lainnya ke dalam pangkat/ golongan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Lulusan pendidikan program diploma bidang keuangan berhak menggunakan sebutan profesional sebagai berikut:
  • Ahli pertama bagi lulusan Program diploma I
  • Ahli madya bagi lulusan program diploma III
  • Sarjana sains terapan bagi lulusan program diploma IV


Elemen kampus

  • Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
  • Badan Legislatif Mahasiswa (BLM)
  • Himpunan Mahasiswa Spesialisasi (HMS): HIMA PPLN, HIMAS, FOKMA, IMP, HMP (Himpunan Mahasiswa Penilai)], KMBC
  • Lembaga keagamaan: Ikatan Mahasiswa Muslim STAN, Kerukunan Mahasiswa Katolik, Persekutuan Mahasiswa Kristen, Kerukunan Mahasiswa Hindu/Buddha.
  • Badan otonom: Pencinta alam (STAPALA), SMC, Capital Market Club, STAN EC.
  • Unit kegiatan mahasiswa: STANic, SKETSA, Tae Kwondo, Teater Alir, SCENE, Official Folunteer (Over) Korps Suka Rela (KSR) PMI unit STAN.
  • Organisasi mahasiswa ekstra kampus: ANIMAC, Gema Pembebasan, KAMMI
  • Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) : Media Center
  • Organisasi daerah: Mahaka (Mahasiswa Karawang) Somasi (Solidaritas Mahasiswa Bekasi) Kamadiri (Keluarga Mahasiswa Kediri), Maharema (Mahasiswa Arek Malang), Himasurya (Surabaya), Permata, Kemala (Keluarga Mahasiswa Lampung), Kemusi (Keluarga Mahasiswa Bumi Sriwijaya), Ikmas, IKM Tuah Sakato, IMKJ (Ikatan Mahasiswa Kudus di Jakarta), Kempro (Keluarga MAhasiswa Probolinggo), MahakamSTAN (Mahasiswa Kalimantan STAN), organisasi gabungan antara seluruh mahasiswa yang berasal dari pulau kalimantan, IKMM (Ikatan Keluarga Mahasiswa Magelang), IMALITA (Ikatan Mahasiswa Blitar di Jakarta). KMSDB (Keluarga Mahasiswa STAN Daerah Brebes), IKAMMA (Ikatan Keluarga Mahasiswa Madiun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


mahaka

MAHAKA STAN