STAN

STAN
Kelulusan peserta USM STAN adalah prestasi peserta USM sendiri. Jika ada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motif apapun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan

Entri Populer

Jumat, 04 Februari 2011

Tips dan Trik tembus USM STAN

a. Bulatkan tekad bahwa kalian memilih STAN tidak lain dan tidak bukan adalah demi masa depan kalian sendiri..

Segalanya selalu diawali dengan niat. Berniatlah yang tulus, jauhkanlah niat kalian dari hal-hal yang bersifat takabur. Tentukan tujuan kalian kuliah di STAN. Bulatkan tekad bahwa kalian memilih STAN tidak lain dan tidak bukan adalah demi masa depan kalian sendiri, demi membahagiakan dan membanggakan orang tua kalian, demi meringankan beban finansial orang tua kalian dan yang lebih penting lagi adalah demi pengabdian tulus kalian kepada bangsa dan negara. Niat yang tulus dan ikhlas akan membawa hasil yang sangat memuaskan untuk diri kalian. Jika dari awal niat kalian sudah melenceng untuk dapat kuliah di STAN maka apapun hasilnya akan membawa hal yang melenceng juga bagi diri kalian.

b. Rajin belajar dan berlatih soal USM STAN dan tentunya belilah buku latihan soal STAN
Apa jadinya jika kalian memiliki hasrat yang besar untuk menjadi mahasiswa STAN apabila dari syarat mendaftar saja kalian tidak lolos? ...

Kesuksesan itu datangnya tidak secara tiba-tiba dan tidak instan seperti mie rebus. Untuk sukses, diperlukan suatu harga pengorbanan yang tidak ternilai harganya. Tidak ada kelulusan tanpa adanya belajar, tidak ada ilmu pengetahuan yang didapatkan melalui mimpi. Untuk dapat lulus dalam USM STAN, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah belajar. Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Kenapa modal pertama yang harus kalian lakukan adalah belajar? Karena bagi kalian yang masih menjadi siswa kelas XII yang belum lulus UN, hal yang terpenting adalah lulus terlebih dahulu dalam Ujian Nasional. Kenapa kelulusan dalam Ujian Nasional menjadi sangat penting? Karena syarat utama dalam pendaftaran USM STAN adalah kalian harus mampu menggapai nilai rata-rata gabungan UN dan UAS adalah 7,00 dan bukan merupakan hasil pembulatan. Apa jadinya jika kalian memiliki hasrat yang besar untuk menjadi mahasiswa STAN apabila dari syarat mendaftar saja kalian tidak lolos? Kemudian hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah berlatih soal-soal USM STAN karena tipikal soal USM STAN berbeda dengan soal ujian lainnya. Jika soal dalam ujian lain mengujikan mata ujian yang kalian pelajari di sekolah maka dalam USM STAN hanya mengujikan mata ujian Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris. Berlatih soal USM STAN akan sangat membantu kalian dalam mengenal soal USM STAN. Oleh karena itu, belilah buku USM STAN, buku tersebut sangat membantu sebagai media pembelajaran untuk dapat lolos USM STAN. Ingat harga buku USM STAN tidak sebanding dengan lolosnya kalian dari USM STAN, lulus STAN dapet gaji PNS, dan akhirnya dapet uang pensiun. Pokoknya makmur sampai anak istri/suami deh. hehe.

c. Berlatihlah untuk berpikir analitis dan sistematis
Soal dalam USM STAN adalah soal-soal yang menekankan penyelesaian dengan menggunakan penalaran dan daya pikir.

Tipikal soal USM STAN bukanlah soal yang bisa dipecahkan dengan hanya mengandalkan daya ingat serta menggunakan rumus-rumus yang telah kalian pelajari di bangku sekolah. Soal dalam USM STAN adalah soal-soal yang menekankan penyelesaian dengan menggunakan penalaran dan daya pikir. Agar dapat terbiasa dengan soal-soal seperti itu kita harus belajar berpikir secara analitis dan sistematis. Analitis disini artinya kita harus terlebih dahulu menganalisis soal yang sedang kita kerjakan, apa yang ditanyakan oleh pembuat soal dan jawaban apakah yang diinginkan oleh pembuat soal. Sedangkan sistematis disini berarti kita harus dapat menyelesaikan soal secara jeli dan terperinci, salah langkah sedikit akan menimbulkan kesalahan. Untuk itu kita harus membiasakan diri untuk belajar menganalisis suatu permasalahan yang kita hadapi dan dicarikan solusinya dengan berfikir secara sistematis. Hal tersebut akan membantu kalian untuk terbiasa menjawab soal-soal USM STAN.

d. Atur jadwal belajar, tidak perlu belajar dengan sistem kebut semalam, tidak perlu kejar setoran, yang penting rutin
Jangan pernah mengukur suatu proses dari kuantitas kalian dalam menjalani proses tersebut. Tidak perlu belajar dengan khilaf untuk dapat lulus dalam USM STAN. Aturlah jadwal belajar kalian, dan patuhilah jadwal yang telah kalian buat. Belajar sebentar tetapi rutin akan berbeda hasilnya dengan belajar terus-terusan tetapi semau hati. Dengan membuat jadwal kalian telah membuat komitmen pada diri kalian sendiri, ada keseriusan yang kalian tunjukkan pada diri kalian sendiri. Belajar dengan teratur akan membuat hasil belajar kalian menjadi lebih maksimal. Hal tersebut dikarenakan dalam perencanaan belajar tidak hanya jadwal saja yang akan kalian atur, akan tetapi juga dengan materi apa saja yang akan kalian pelajari.

e. Carilah tandem belajar yang sepadan, belajarlah bersama, bertukar pikiran dan adu kemampuan kalian
Hilangkan megalomania dalam diri kalian, posisikanlah diri kalian sama tinggi dan sejajar dengan orang lain. Akan beda hasilnya jika kalian belajar sendiri dengan belajar bersama teman-teman. Jika kalian belajar sendiri kalian akan menemukan kesulitan sendiri. Jika kalian menemukan tandem belajar yang sepadan maka kalian akan menemukan teman untuk bertukar pikiran, kemudian kalian bisa membandingkan hasil belajar kalian dengan teman kalian. Tentunya lebih membahagiakan jika kalian tidak hanya sendirian mampu menembus USM STAN, jika kalian mampu bersama-sama sahabat kalian berhasil dalam perjuangan menjadi mahasiswa STAN tidak hanya kalian sendiri yang akan bahagia.

f. Ikuti try out yang diselenggarakan langsung oleh mahasiswa STAN di daerah Anda.
Try out sangat berguna sekali bagi kalian, karena kalian dapat mengukur kemampuan kalian dan tentunya para pesaing kalian. Semakin sering kalian mengikuti try out STAN, makin terbiasa dan tidak kaget pada saat mengerjakan tes USM STAN yang sesungguhnya. Bahasa gaulnya "experience is the best teacher".  Pengalaman adalah guru yang paling berharga, dari try out STAN, kalian bisa memetik kesalahan dan memperbaikinya di kemudian hari. Biasanya Organisasi kedaerahan dari STAN mengadakan try out STAN di daerahnya. So, don't miss it.

g. Ikut bimbingan belajar khusus ujian STAN
Bagi kalian yang kurang percaya diri dengan kemampuan kalian, jangan ragu untuk mengikuti bimbingan belajar USM STAN. Kemudian apakah bimbingan belajar menjamin kalian untuk lulus dalam USM STAN dan menjadi mahasiswa STAN? Jawabannya tidak ada satupun kuasa manusia, organisasi, kekuasaan ataupun bimbel lain yang bisa menjamin kalian untuk lulus dalam USM STAN. Bimbel hanyalah sebagai fasilitator untuk meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri kalian. Sesungguhnya yang menentukan kelulusan kalian dalam USM STAN adalah kemampuan diri kalian sendiri yang dibarengi niat, usaha dan doa. Jangan tertipu dengan bimbingan belajar yang mengaku-ngaku mereka mampu meluluskan banyak siswa mereka ke STAN. Banyaknya jumlah siswa bimbel yang diterima di STAN bukanlah karena faktor utama dari bimbel, ingatlah bahwa kalian lulus dalam USM STAN adalah berkat usaha kalian! Saran dari saya yang terpenting adalah, ikutlah bimbingan belajar yang menawarkan tidak hanya nama, tetapi juga kualitas kurikulum dan pengajar sangat menentukan hasil kalian dalam USM STAN. Tentunya akan berbeda jika kalian diajar oleh ?super teacher? dengan diajar langsung oleh kakak-kakak kalian yang telah menjadi mahasiswa STAN. Sehebat apapun sang ?super teacher? mereka belum tentu lulus dalam USM STAN dan mereka juga belum tentu mengetahui informasi yang ter-up-to-date tentang kampus STAN. Keuntungan lebih yang bisa kalian dapatkan dengan belajar langsung dengan kakak-kakak kalian yang menjadi mahasiswa STAN adalah mereka tidak hanya dapat memberikan informasi yang akurat, akan tetapi mereka juga memiliki segudang tips and trick serta strategi jitu dalam mendobrak pintu masuk untuk menjadi mahasiswa STAN.

h. Jika kalian bermasalah dengan bahasa Inggris, jangan sungkan-sungkan untuk ikut bimbingan belajar bahasa Inggris terutama tes TOEFL
Kebanyakan mereka yang tidak lulus dalam USM STAN selalu bermasalah dengan soal bahasa Inggris. Jika kalian merasa masalah ini akan menjadi penjegal dalam USM STAN kalian nanti, maka jangan malu untuk belajar bahasa Inggris kembali. Jika kalian mampu, ikutlah bimbingan belajar bahasa Inggris. Ambillah kelas TOEFL karena biasanya kelas ini diadakan dalam jangka waktu yang singkat namun membahas semua materi.

i. Iringi setiap langkah kalian dengan doa restu orang tua
Ridho Allah adalah ridho orang tua. Saya pernah menyaksikan sendiri dengan mata dan kepala saya sendiri, seorang ibu yang terus berdoa sembari menunggu anaknya yang mengikuti USM STAN. Betapa mulianya orang tua kita, mereka tidak akan pernah berhenti mendukung dan mendoakan kita selama jalan yang kita tempuh itu benar dan selalu dalam keridhaan mereka dan keridhaan-Nya. Ingatlah bahwa tujuan kalian berada di STAN adalah untuk membahagiakan, membanggakan dan mengangkat derajat orang tua kalian? Setiap sukses yang kita dapat adalah berkat doa mereka dan usaha kita yang tiada henti. Semoga keberkahan-Nya selalu memayungi doa orang tua kita semua. Jika kalian bersungguh-sungguh, maka setelah pulang dari tempat ini, ajaklah orangtua kalian berbicara, mintalah doanya dan berusahalah!
Cara memulai adalah dengan berhenti bicara dan bekerja! ?-- Walt Disney


j. Jangan minder dengan jumlah pesaing yang banyak
Ingat! Mereka adalah teman kalian yang sama-sama berjuang memperebutkan satu kesempatan kuliah di STAN. Yang kalian harus kalahkan adalah diri kalian sendiri, kalahkan kebodohan dalam diri kalian, kalahkan rasa malas dalam diri kalian dan tentu saja jangan lupa kalahkan soal-soal ujian kalian!

k. Jangan takut dengan kegagalan
Jika kalian belum berhasil lolos di USM STAN tahun pertama, jangan menyerah! Bulatkan tekad, muliakan niat kalian, masih ada satu dan dua kali kesempatan lagi untuk menggapai impian kalian. Banyak teman-teman mahasiswa STAN yang baru bisa menjadi mahasiswa STAN setelah satu-dua kali gagal dalam USM STAN. Jika kalian menginginkan sesuatu, niatkanlah! Jangan ragu untuk bertindak, bertawakallah! Lakukan segala sesuatunya dengan bersungguh-sungguh!
 
 Pada saat USM STAN, diusahakan:

1. Pertama-tama persiapkan diri anda semaksimal mungkin, baik dari segi pembelajaran, mental (mintalah doa kepada kedua orang tua)-ini akan membantu membuat anda tenang,dan fisik (jangan begadang pada malam tepat ketika esoknya ujian) serta peralatan (seperti pensil 2b,penghapus,papan landasan,dan nomor ujian).

2. Usahakan untuk sudah menyurvei tempat duduk ujian anda sehari sebelumnya, pastikan di mana “persisnya” anda akan duduk.hal ini untuk mencegah kebingungan dan terbuangnya waktu untuk mencari tempat duduk.Dan datanglah paling tidak 45 menit sebelum ujian dimulai. Keterlambatan akan membuat anda panik setengah mati dan hilanglah semua ilmu yang anda telah pelajari entah kemana...

3. Mungkin anda sudah seringkali mendengarnya, tetapi mengerjakan soal yang anda anggap mudah dan sederhana bentuknya terlebih dahulu (menurut saya pribadi) adalah hal yang vital.Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan soal secara urut,satu per satu berurutan,meskipun sulit atau rumit.Anda hanya akan membuang-buang waktu ujian yang sangat-sangatlah berharga saja.

4. STAN menerapkan nilai mati untuk setiap bagian soal, Syarat nilai standar USM STAN adalah 1/3 dari jumlah soal perbagian soal (TPA dan B.Inggris).Untuk TPA, kita harus menjawab benar 40 soal dari 120 soal. dan Bahasa Inggris harus terjawab benar 20 soal dari 60 soal. Jika syarat ini tidak memenuhi, maka dapat dipastikan, anda tidak lulus USM STAN.Jadi, kerjakanlah terlebih dahulu 40 soal pada bagian TPA (Tes Potensi Akademik) , lalu langsung balikkan halaman soal anda menuju ke soal bahasa Inggris dan kerjakan 20 soal.setelah itu anda bisa memulai lagi dari TPA. Bayangkanlah betapa menyesalnya anda ketika anda memaksakan mengerjakan semua TPA dahulu dan kehabisan waktu mendapatkan jawaban benar 20 soal dalam Bahasa Inggris. Setelah anda melakukan hal diatas, anda akan merasa lebih enteng,lebih plong..dan lebih fokus untuk mengerjakan soal selanjutnya,rasanya seolah-olah ada batu seberat 20 kg yang baru saja terangkat dari pundak anda.. percaya deh!!!….

5.Karena begitu banyaknya peserta USM STAN, kita tidak bisa menargetkan memenuhi nilai mati saja, tapi carilah poin benar sebanyak-banyaknya. Sebagai info tambahan, system penerimaan USM STAN adalah sebagai berikut, pertama-tama panitia akan menyaring jumlah peserta yang lulus USM STAN (yang memenuhi kriteria nilai mati) misalkan yang lulus tahun ini ada 18ribu orang dari 105ribu pendaftar.lalu diantara orang-orang yang lulus itu akan di peringkatkan dari 1 sampai 18 ribu.Nah, setiap tahun STAN menerima sebanyak 2ribu mahasiswa baru. Jadi diantara 18 ribu orang yang lulus itu hanya akan diambil 2 ribu orang peringkat teratas.

Sistem Penilaiannya adalah benar = +4, kosong = 0, salah = -1.
Waktu untuk menjawab seluruh soal USM STAN adalah 150 menit. Jadi kalau dihitung-itung, kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menjawabnya. Sediakan waktu 80 menit mengerjakan TPA dan 40 menit untuk Bahasa Inggris, dan sisa waktunya 30 menit kita gunakan untuk mengisi kembali jawaban yang belum terjawab(ini adalah pembagian waktu saya waktu USM dulu). Ada beberapa soal yang bisa dikerjakan hanya dalam 10 detik. Namun ada juga soal yang membutuhkan waktu hampir 7 menit untuk mengerjakannya.Intinya adalah usahakan anda dapat membagi waktu mengerjakan soal se- efektif dan se-efisien mungkin…

6. Saran saya, apabila anda berhadapan dengan soal yang anda agak burem ingatannya (lupa-lupa ingat gitu) cobalah bertaruh dengan jawaban yang anda rasa terlintas terus di pikiran anda. Sedangkan jika soal yang anda hadapi benar-benar blank(saya gambarkan pikiran anda gelap, sama sekali tak ada gambaran untuk menjawabnya) maka kosongkan saja jawaban soal itu dan segera beralih ke soal selanjutnya.

Hanya inilah yang bisa saya rekomendasikan untuk anda, semoga bermanfaat dan sukses selalu…

1 komentar:


mahaka

MAHAKA STAN